Tips Menjaga Kebersihan Rumah Agar Nyaman Dan Bersih

Tips Menjaga Kebersihan Rumah Agar Nyaman Dan Bersih

Assembleiadedeusembrejo –¬†Banyak contoh kerjasama dalam rumah tangga, tujuannya untuk mengajarkan rasa kebersamaan, tanggung jawab, bahwa semua anggota keluarga saling membutuhkan adalah hal penting yang harus ditanamkan pada semua anggota keluarga.

1. Rapikan tempat tidur saat bangun pagi

Hal pertama yang kita lakukan di pagi hari adalah bangun. Sebelum memulai aktivitas, Anda harus merapikan tempat tidur terlebih dahulu. Dengan lingkungan dan kondisi ruangan yang rapi, jadwal harian akan lebih ringan dan menyenangkan untuk dilakukan.

Selain itu, jika serangkaian rutinitas telah dilakukan, Anda akan lebih nyaman beristirahat karena ruangannya bersih dan rapi. Ganti tempat tidur Anda secara teratur agar tetap bersih dan mencegah debu menempel.

2. Sapu dan bersihkan rumah

Seberapa sering Anda menggunakan cara ini untuk menjaga kebersihan rumah Anda? Kebanyakan orang umumnya mengesampingkan menyapu dan mencuci rumah. Mereka biasanya hanya akan melakukan keduanya saat lantai kotor. Meski dengan menjadikannya rutinitas sehari-hari, pembersihan akan lebih terasa.

Selain itu, buka semua jendela dan bentuk sirkulasi udara lainnya secara teratur agar udara di dalam rumah tetap segar. Rumah yang sehat memiliki sirkulasi udara yang lancar dan banyak sinar matahari yang dapat masuk ke dalam rumah.

3. Mengembalikan Barang Pada Tempatnya

Cara selanjutnya untuk menjaga kebersihan rumah Anda adalah dengan mengembalikan barang-barang ke tempatnya semula. Misalnya, meletakkan kembali peralatan makan di rak setelah makan bersama, memasukkan kembali buku ke dalam lemari, atau sekadar meletakkan alat tulis atau mainan ke dalam kotak penyimpanan.

Banyak dari kita yang tidak tahu bahwa hal-hal sepele seperti ini bisa membuat lingkungan rumah menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Dengan cara ini Anda tidak akan mengalami kerugian karena Anda lupa meletakkan barang-barang Anda.

4. Jangan tunda mencuci piring

Mencuci piring adalah kebiasaan yang sering ditunda. Jika dibiarkan terlalu lama, plak yang menumpuk di pakaian dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut akibat pertumbuhan bakteri. Karena itu, bila memungkinkan, cuci piring segera setelah selesai memasak atau makan bersama sekeluarga.

5. Sediakan tempat sampah kering di dalam rumah

Berbicara tentang kebersihan tentu tidak akan lepas dari sampah. Seperti saat kita jauh dari rumah, selalu terapkan prinsip membuang sampah pada tempatnya. Hal ini dapat disiasati dengan menyediakan tempat sampah di dalam rumah.

Namun, perlu dicatat bahwa tempat sampah dalam ruangan hanya boleh digunakan untuk sampah kering. Upaya ini dilakukan untuk mencegah bau busuk yang bisa memenuhi seluruh ruangan di rumah Anda.

Kemudian sediakan juga tempat sampah lain tepat di luar pintu depan rumah untuk membuang sampah basah. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan lingkungan atau udara di rumah Anda.

6. Mencuci pakaian tepat waktu

Kebiasaan ini mungkin berhasil bagi Anda yang sudah berkeluarga. Tinggal bersama seseorang menambah beban aktivitas rumah tangga, termasuk mencuci pakaian.

Cobalah untuk menjadwalkan waktu setiap hari untuk melakukan aktivitas ini. Anda juga bisa memanfaatkan perangkat elektronik seperti mesin cuci jika ingin menghemat energi. Setelah selesai, jangan lupa untuk segera menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung untuk menghindari bau apek.

Tidak berhenti sampai di situ, pakaian yang sudah kering pasti perlu disetrika dan diberi pewangi agar pakaiannya wangi dan tidak kusut. Anda juga bisa menaruh banyak pakaian siap pakai di lemari agar mudah ditemukan.

7. Bersihkan kamar mandi secara teratur

Kita menggunakan kamar mandi setiap hari, baik untuk buang air kecil maupun untuk mandi. Kebersihan kamar mandi merupakan aspek vital untuk melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, cara menjaga kebersihan rumah sangat perlu diterapkan dengan benar.

Beberapa rutinitas yang perlu dilakukan antara lain menggosok lantai dan furnitur kamar mandi, mensterilkan perlengkapan mandi secara rutin, membersihkan lemari, dan tidak membiarkan kamar mandi basah.

Sumber:

Rumarumi.com